Posted by : MRarve May 07, 2013


Kamu merasa sebagai orang yang cukup bersih. Tetapi saat pulang dari kantor atau sekolah dan melepaskan sepatu, semerbak bau tak sedap muncul dari sepatu dan kaki anda. Bahkan bila kamu memperhatikan, bau-bauan saat melepas sepatu ini tak jauh berbeda dengan bau kaki teman kamu yang suka melepas sepatu di balik meja kerjanya. Nah, good news’nya: you’re not alone. Masalah bau kaki ini terjadi pada siapa saja, bahkan pada orang yang terkenal selalu wangi. Mereka hanya tidak tahu darimana asal muasal bau kaki ini, dan tidak tahu bagaimana mengatasinya.
Biang Masalah dari bau kaki adalah keringat. Tubuh kita memiliki lebih dari 250.000 kelenjar keringat, sedangkan kaki kita termasuk bagian tubuh yang paling berkeringat. Dalam sehari, satu kaki dapat memproduksi lebih dari satu pint (sekitar 568 ml) keringat! Keringat itu sendiri sebenarnya merupakan campuran air dan garam, sehingga tidak memiliki bau tertentu. Bau itu disebabkan oleh bakteri pada kulit yang memakan keringat dan membuang kotoran yang memiliki hawa atau bau yang kuat. Keberadaan bakteri pada kulit ini juga normal, namun keringat menarik bakteri dan memberikan banyak makanan untuknya.

Jika keringat pada kaki menjadi lebih berbau daripada keringat di tubuh, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kaus kaki dan sepatu kita. Sebab keringat yang dibuang oleh kaki tidak mudah menguap seperti keringat di telapak tangan, dan malah mengumpul di kulit dan kaus kaki. Bakteri menyukai tempat gelap, lembab, dan banyak "makanan". Ketika Anda membuka sepatu, bau yang menampar Anda itu adalah produk buangan bakteri yang terkumpul di kaki, kaus kaki, dan sepatu Anda.

Nah, mengapa bau kaki kita bisa lebih "membius" daripada bau kaki orang lain, adalah karena kita mungkin lebih banyak berkeringat. Oleh karena itu, kaki kamupun kadang-kadang tidak begitu bau, lain waktu sangat menyengat. Ini hanya berkaitan dengan seberapa banyak Anda berkeringat saat itu.

Tidak mau 'kan dijauhi teman-teman gara-gara menghamburkan bau yang tak sedap. Nah inilah solusi tepat untuk mengakhiri penderitaanmu:

Cara Menghilangkan Bau Sepatu :
Cara ini saya dapatkan dari kedua orang tua beserta nenek dan kakek saya 

1. Simpanlah Sepatu di tempat yang dingin selama semalam sambil dibungkus dengan Koran sampe rapet. Koran itu akan menyerap bau yang ada dalam sepatu.

2. Bisa juga pake kopi yang dibungkus dengan tisu, masukkan aja kedalam sepatu, ato kalo ga mau ribet bungkus-bungkus kopi pake tisu, ya belilah silica gel. Trus masukin ke dalem sepatu.

3. Cara lainnya yang belum pernah saya coba :
Keringkan dulu sepatu yang akan di bersihkan. Ambil dua 2 sendok teh dengan sampai dengan 1 sendok makan soda kue untuk satu sepatu. Banyaknya soda kue disesuaikan dengan ukuran sepatu tentunya, lalu taburkan soda kue ke dalam sepatu dan biarkan selama satu malam

Keesokan harinya, cara yang paling bagus untuk membersihkan atau menghilangkan bekas soda kue yang menempel pada sepatu adalah dengan cara menyedotnya dengan mesin penyedot debu (vacum cleaner). Jika tidak mempunyai mesin penyedot debu, bisa juga dengan menepukkan antara sepatu yang satu dengan sepatu yang lain. Setelah sebagian besar soda kue hilang dari permukaan dan dalam sepatu, sekarang tahap terakhir adalah pembersihan di sela-sela sepatu dengan sikat gigi bekas. [kalo modal yang baru juga boleh]

Untuk mencegah agar sepatu tak mudah berbau, jangan pernah memakai sepatu bila kaki sedang basah. Hal itu dapat menyebabkan bakteri berkembang dan akhirnya sepatu Anda menjadi berbau tak sedap. Untuk pertahanan ganda, gunakan obat khusus berupa semprotan pewangi pewangi atau foot spray pada bagian dalam sepatu Anda. Setelah itu jangan langsung dipakai, segera angin-anginkan agar kering.

Bila sepatu terbasahi oleh air hujan, segera keringkan dengan cara memasukkan beberapa lembar tisu ke dalamnya untuk menyerap air. Gunakan shoe tree untuk menjaga agar bentuk sepatu dan bagian ujungnya tidak melengkung. Masukkan sepatu dalam kantung kain, kotak sepatu atau kantung plastik dan simpan di tempat kering. Jangan simpan sepatu di dekat sumber panas agar kulitnya tidak mengering.

Anda adalah pengunjung ke

About Me

My Photo
Muhammad Ridho arve , born on March 11th 1996

Followers

Semua gambar disini saya ambil lewat google. Powered by Blogger.

- Copyright © 2013 11Arve - Oreshura - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -